Bagi yang akan berangkat umrah atau haji, harus mempersiapkan berbagai kebutuhan yang akan dibawa ke Tanah Suci. Salah satunya adalah alas kaki.

Kebutuhan alas kaki ini terkesan remeh, tapi sangat diperlukan. Sebab kemana pun pergi, pasti menggunakan alas kaki, seperti sandal atau sepatu. Nah, alas kaki seperti apa yang cocok dipakai di Tanah Suci untuk melaksanakan umrah atau haji? ini tipsnya

Yang banyak menyerap udara

Alas kaki dengan banyak celah udara sangat diperlukan untuk menjaga kaki tetap kering.

Yang ringan

Alas kaki yang tidak berat dan ringan akan membuat langkah kaki lebih cepat. Lagi pula selama di Makkah dan Madinah, jamaah haji dan umrah akan banyak berjalan kaki. Setidaknya dalam sehari, akan berjalan minimal satu kilometer.

Kalau alas kaki yang dikenakan berat, maka akan membuat Anda cepat lelah. Karena itu, carilah sepatu atau sandal yang ringan.

Yang tak mudah rusak

Seringnya berjalan kaki dapat membuat alas kaki cepat rusak. Carilah sepatu atau sandal yang awet. Jahitannya kuat. Bahannya bagus, sehingga dapat digunakan untuk waktu yang lama.

Kalau alas kaki Anda rusak di pertengahan jalan, maka segera beli yang baru. Jalan di area luar ruangan wajib mengenakan alas kaki jika ingin terhindar dari panas yang menyengat.

Alas kaki dengan spesifikasi seperti itu diperlukan untuk mempermudah gerak selama di Tanah Suci.

Cuaca di sana yang panas akan menjadi kendala tersendiri. Pada siang hari, panas akan terasa sangat menyengat. Kalau berjalan kaki pada waktu tersebut, maka akan sangat melelahkan.

Sebaiknya pergunakan waktu siang untuk beristirahat, seperti yang dilakukan penduduk setempat. Kebanyakan mereka baru beraktivitas pada sore hingga dini hari.

Suasana malam akan terlihat ramai. Masyarakat setempat akan memenuhi ruang publik untuk bercengkerama, seperti di area taman, pusat perbelanjaan, dan tempat ibadah.

Bagikan