PROMO TERBARU

Umroh menjadi rangkaian ibadah yang dikerjakan di Tanah Suci dan hukumnya Sunnah. Jika mengerjakannya, maka akan membawa kelimpahan, kebaikan dan pahala, serta mendatangkan ridho dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Ibadah umroh hampir mirip dengan ibadah haji. Hanya saja yang membedakan umroh dan haji adalah dari waktu pelaksanaannya, serta rukun-rukunnya. Ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja dan tidak terbatas waktu, sementara ibadah haji hanya bisa dilakukan di waktu yang telah ditentukan, yaitu pada tanggal 8 hingga 13 Dzulhijjah.

Rukun Umroh diawali dengan ihram, thawaf, sa’i, tahallul dan melakukannya dengan tertib. Sedangkan haji, jamaah umroh tidak diwajibkan melakukan wukuf di Arafah, dan mabit di Mina dan Muzdalifah.

Bahkan, mereka yang melakukan ibadah umroh akan mendapat keistimewaan dari Allah. Berikut ini beberapa keistimewan ibadah umroh.

Baca Juga :   Kebiasaan Jamaah Haji Ketika Berada di Dekat Ka'bah

1. Setara dengan Ibadah Haji jika Dilakukan saat Bulan Ramadan

Umroh yang dilakukan saat bulan Ramadan memiliki nilai pahala yang setara dengan ibadah haji. Sesuai dengan hadist Rasulullah, yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim. Rasulullah bersabda, “jika bulan Ramadan tiba, ber-umroh-lah saat itu. Karena umroh Ramadan senilai dengan haji”.

2. Doa Dikabulkan

Rasulullah menyebut mereka yang melakukan ibadah ke Tanah Suci merupakan ‘tamu Allah’. Sebagaimana seorang tamu, Allah akan mengabulkan permintaan mereka yang datang ke rumahNya. Inilah yang menjadi keutamaan umroh dan haji, karena kita bisa berdoa langsung di rumah Allah dan mendapat doa yang mustajab.

3. Umroh sebagai Ibadah untuk Menghapus Dosa

Rasulullah bersabda bahwa “umroh satu ke umroh lainnya merupakan penebus dosa di antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada pahala baginya selain surga”. Hadist tersebut menunjukkan bahwa dalam rentang antara satu umrah dan umrah berikutnya, dosa-dosa kita akan diampuni oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

4. Sebagai Bentuk Ketaqwaan dan Meningkatkan Iman

Bagi mereka yang menyempatkan diri dan mengeluarkan materi untuk beribadah umroh adalah hamba yang menunjukkan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Ketika seseorang melakukan ibadah sebagai bentuk taqwa, maka keimanannya akan semakin bertambah.

5. Mendekatkan Diri kepada Allah

Keimanan yang bertambah dari ibadah yang kita lakukan akan membuat kita semakin dekat dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Terlebihi, jika kita bisa berkunjung ke rumah Allah. Inilah yang membuat kita akan semakin dekat dengan Allah SWT saat melakukan ibadah umroh.

Bagikan