PROMO TERBARU

Turki memiliki banyak destinasi wisata eksotis yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Di negeri ini kamu bisa menyaksikan keagungan ragam bangunan kuno bersejarah yang masih terawat dan berdiri kokoh.

Hal Itu menjadi karya agung peradaban bangsa Turki sejak ribuan tahun yang lampau serta menjadi ikon atau landmark utama dari kota-kota di Turki.

Baca Juga :   Wow! Ini Pulau Pertama di Dunia dengan Zona Bebas Waktu

Nah, salah satu obyek wisata yang perlu kamu sambangi ketika sedang di Turki yaitu Perpustakaan Celcus. Lokasinya berada di Kota Kuno Ephesus.

Dalam sejarahnya, Perpustakaan Celcus adalah salah satu bangunan paling indah di Ephesus. Dibangun pada tahun 114-117 M oleh Tiberius Julius Aquila dan dirancang oleh arsitek Romawi Vitruoya, perpustakaan dibangun untuk memperingati ayahnya Tiberius Julius Celsus Polemaeanus, seorang Gubernur Romawi, ibukota provinsi Asia Roma saat itu dari 105-107 Masehi. Celsus juga pernah menjadi penasihat hukum di Roma pada tahun 92 M serta dan seorang pecinta buku yang hebat.

Baca Juga :   Ini Tempat Terbaik Mencari Kamera dan Action Figure di Osaka Jepang

Makamnya pun berada di bawah lantai dasar, di seberang pintu masuk serta terdapat patung Athena di atasnya sebagai Dewi Kebijaksanaan. Perpustakaan ini bergaya arsitektur khas pada periode Kaisar Hadrian (76-138 M).

Paling menarik dari tempat ini adalah Interiornya. Salah satu ruangan besar berdimensi 10,90-16,70 meter. Ruang perpustakaan ini terletak di atas bangunan bawah berkubah. Perpustakaan sendiri memiliki dua lantai, dengan kolom gaya Korintus di lantai dasar dan tiga pintu masuk ke gedung.

Penggunakan trik optik di dalamnya memberikan kesan bahwa kolom di sisi fasad (muka bangunan) lebih pendek daripada yang ada di tengah, dan juga memberikan ilusi bangunan yang berukuran lebih besar. Di depan pintu masuk perpustakaan adalah halaman seluas 21 meter yang dilapisi marmer.

Bagikan