Umrah bersama Aqu Tour memiliki kekhasan. Jamaah perempuan harus ditemani muhrim meskipun sudah lanjut usia. Sehingga mereka merasa nyaman selama menjalani ibadah di Tanah Suci.

“Meski Saudi membolehkan wanita di atas 45 tahun berumrah seorang diri, kami tetap mengharuskan mereka didampingi kerabat demi kenyamanan dan kemaslahatan,” ujar General Manager Aqu Tour Travel Aqzhandy Yusman di Jakarta beberapa waktu lalu.

Setiap bulan, travel satu ini memberangkatkan sekitar 30 orang dari berbagai daerah di Indonesia. Seorang ustaz jebolan Universitas Madinah biasa mendampingi mereka beribadah. Tugasnya membimbing pelaksanaan ibadah dan menginformasikan budaya dan sejarah Tanah Suci kepada jamaah.

Jika berangkat dengan Aqu, jamaah akan diajak menikmati sajian kuliner Saudi yang khas. Misalnya ketika berangkat dari Madinah ke Makkah. Jamaah travel lain biasanya mendapatkan nasi kotak berisikan makanan khas Indonesia.

“Kita tidak menyediakan itu. Nanti di tengah jalan kita ajak mereka ke rumah makan yang menyediakan ayam goreng khas Arab dan lainnya. Sehingga mereka dapat menikmati budaya masyarakat setempat. Alhamdulillah responsnya bagus. Mereka merasakan hal unik berangkat bersama kami,” ujar Aqzhandy.

Selain itu, tausiyah yang disampaikan ustaz pembimbing dilaksanakan di spot tertentu. Biasanya di pelataran Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

“Kami jarang mengadakan tausiyah di hotel. Biar jamaah mendapatkan pemandangan baru,” katanya.

Kerja sama TFA

Travel yang berdiri sejak 2016 ini merasa puas bekerja sama dengan TFA manasek. Terutama pelayanan private yang luar biasa. Selama 24 jam tim TFA manasek selalu siaga dan siap menjamu tamu Allah.

Ketika sampai di Jeddah sudah ada tim yang menyambut. Begitu juga ketika sampai ke Madinah dan Makkah. Di sana tim sudah mengondisikan pelayanan dan tempat sehingga jamaah dapat segera beristirahat dan beribadah.

Aqzhandy mengatakan selama ini tidak ada komplain dari jamaah. Hotel dan bus yang disiapkan tim TFA sudah sesuai dengan standar yang disepakati. Kemudian packaging makanan dengan logo Aqu juga menjadi hal yang tak disangka. “Ini hal baru dan kami senang melihatnya,” imbuh Aqzhandy.

Travel dengan moto “Amanah, hebat, hemat, dan bersahabat,” ini berupaya untuk selalu bersinergi dengan TFA manasek.

Bagikan