PROMO TERBARU

Sekitar tahun 90-an, KH Ma’ruf Amin melaksanakan haji bersama istrinya. Pada saat yang sama Prof Dr Jimly Asshiddiqie juga menunaikan ibadah yang sama.

Haji merupakan ibadah pamungkas umat Islam. Hanya orang terpilih yang dapat melaksanakannya. Selain mampu secara fisik, orang yang mampu melaksanakan ibadah ini adalah mereka yang diizinkan atau diundang Allah.

Nah, ketika Kyai Ma’ruf melaksanakan ibadah haji, ada kisah menarik. Ini dia ceritanya.

KH Ma’ruf Amin ziarah ke Madinah

Selesai melaksanakan haji, Kyai Ma’ruf berziarah ke Madinah. Jarak Makkah dan Kota Nabi sekitar 500 kilometer.

Kyai Ma’ruf berziarah kesana dengan menumpangi mobil Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah. “Saya ketika itu mempersilakan Pak Kyai untuk berangkat duluan,” ujar Jimly di kantornya Jakarta pada Senin (7/1).

Nah, tiba-tiba Jimly mendengar kabar mobil yang ditumpangi Kyai Ma’ruf mengalami kecelakaan. “Kami langsung berangkat kesana,” kata Jimly.

Mobil terbalik

Tiba dilokasi, Jimly melihat mobil van yang ditumpangi Kyai Ma’ruf hancur. Kendaraan roda empat itu terpental dan terbalik.

“Alhamdulillah Kyai Ma’ruf dan istri selamat, karena duduk di bagian belakang. Sementara sopir tewas. ada juga penumpang yang duduk di bagian depan mengalami kondisi kritis selama tiga bulan,” kata Jimly mengenang peristiwa tersebut.

Kyai Ma’ruf adalah intelektual Islam. Kini dia menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Rais Aam Nahdlatul Ulama.

Bagikan