Penduduk daerah Sulaybiya dikenal sebagai penghasil anggur terbaik di Arab Saudi. Buah surga itu berwarna hijau muda dengan rasa manis , yang ketika digigit, akan memancarkan rasa segar ke seluruh rongga mulut.

Dari buah tersebut, mereka menambah pundi-pundi uang sehingga kesejahteraan semakin meningkat. Artinya, perekonomian warga di sana semakin berkembang.

20 ribu ton anggur

Daerah ini memasok lebih dari 20 ribu ton berbagai jenis anggur, sebagaimana diberitakan al-Arabiya. Masyarakat Saudi sudah mengetahui bahwa anggur dari daerah ini sudah pasti berkualitas tinggi. Petani setempat mulai memanen buah ini pada pertengahan Juli hingga September setiap tahun.

Dari wilayah itu, anggur didistribusikan ke berbagai pasar. Pada saat ranum, anggur tersebut tampil dengan berbagai warna yang menggugah selera makan. Ukurannya pun bermacam-macam, mulai yang seukuran jempol tangan hingga lebih besar lagi.

Tanah subur

Tanaman merambat ini tumbuh dari tanah yang subur dengan pasokan air yang cukup. Masyarakat Sulaybiya begitu cinta memanen buah tersebut, karena

Jus anggur Sulaybiya menjadi santapan nikmat yang dicari masyarakat berbagai negara. Ketika mendatangi pusat perbelanjaan, mereka langsung mencari anggur Sulaybiya.

Tanaman anggur Sulaybiya akan menghasilkan buah hingga tiga tahun dengan asupan air yang terukur.

Petani anggur Sulaybiya, Mohamed Al-Faridi, menceritakan bagaimana dia memasok anggur ke pasar-pasar di Riyadh, Thaif, Makkah, dan kota-kota Saudi bagian timur. Para petani bersinergi dalam kelompok-kelompok petani. Mereka difasilitasi kendaraan khusus untuk mendistribusikan hasil panen.

Al-Faridi mengelola lahan pertanian dari bapaknya. Sejak sepuluh tahun lalu, dia menggarap lahan tersebut bersama saudaranya. Hari ini terdapat 60 ribu jenis anggur, seperti anggur merah, putih, dan merah mawar.

Bagikan