Jika di artikel sebelumnya kita membahas destinasi cantik dan unik di hongaria, maka kali ini kita membahas tentang makanan khas negri Magyar ini. Karena tak lengkap rasanya jika kita berlibur tanpa mencicipi kuliner khas sana. Beberapa review tentang makanan hongaria ini merasa jika rasanya sangat cocok untuk lidah orang indonesia. Nah, berikut daftar rekomendasi kuliner khas hongaria:

Goulash

Goulash
Goulash

Goulash merupakan hidangan nasional Hungaria. Masakan tradisional yang satu ini terdiri dari sup daging yang dilengkapi dengan kentang, sayuran seperti wortel dan paprika, serta bumbu-bumbu rempah lainnya. Selain itu, daging yang digunakan pun bervariasi tergantung selera. Misalnya, daging sapi, angsa, domba, atau bahkan rusa.

Lángos

Lángos
Lángos

Hidangan yang satu ini umumnya disajikan sebagai menu sarapan oleh masyarakat Hungaria. Selain itu, Lángos juga dapat dijadikan kudapan yang dapat dijumpai di pinggiran jalan Hungaria. Lángos berbentuk seperti roti pipih seukuran sekitar sepiring makan bertekstur garing yang digoreng secara deep fried.

Adonan dari roti ini terbuat dari tepung terigu, susu, ragi, gula, dan garam. Makanan ini disantap dengan krim asam, keju parut, cokelat, kacang, atau bahkan daging-dagingan sebagai topping-nya. Tak hanya itu saja, bawang putih pun dapat ditambahkan untuk menciptakan rasa yang lebih gurih.

Sup Nelayan (Halászlé)

Sup Nelayan (Halászlé)
Sup Nelayan (Halászlé)

Jika pada artikel sebelumnya dibahas destinasi wisata Fisherman’s Bastion, sekarang akan dibahas  Sup Nelayan Sup ini dibuat dari ikan sungai campuran (ikan mas, lele, bertengger atau tombak) dan dengan sejumlah besar paprika panas, memberikan warna merah terang yang khas. Ini memiliki banyak varietas, dengan a la Baja (dibuat dengan pasta tebal dan terutama gurame) atau Szeged (dibuat dengan empat jenis ikan) menjadi yang paling terkenal.

Somlói Galuska

Somlói Galuska
Somlói Galuska

Gelar prestisius ‘Kue Favorit Hongaria’ secara bulat diberikan somlói galuska, makanan penutup yang lezat dan tidak bercacat yang dibuat dari kue bolu, dilapisi dengan krim cokelat, kernel kenari, rum, dan krim kocok di atasnya. Sejarahnya kembali ke 1950, ketika headwaiter Gundel Restaurant yang legendaris (Károly Gollerits) memimpikan pencuci mulut baru ini. Namun, kue mencicipi publik pertama hanya dibuat di 1958 oleh Béla Szőcs, master manisan, yang kuenya menjadi pemenang penghargaan di Pameran Dunia Brussel. Karena keluarga pembuat menyimpan rahasia resep asli, somlói galuska dibuat di tempat lain bervariasi dalam bentuk dan persiapan tetapi selalu mempertahankan bahan dasar yang sama.

Retes atau Strudel

Retes atau Strudel
Retes atau Strudel

Strudel sendiri memang berasal dari Hungaria, dan beberapa negara Eropa lainnya. Makanan khas Hungaria ini merupakan salah satu makanan tradisional di Hungaria.

Makanan ini bisa kamu temukan di pasar. Kamu bisa membelinya walaupun hanya satu pcs. Seperti membeli roti satuan saja. Isinya juga sama beragamnya ada strudel berisi apel, ceri, dan keju. Bagi yang belum pernah mencicipi, ini makanan yang harus kamu coba di Hungaria.

Gelarto Rosa

Gelarto Rosa
Gelarto Rosa

Gelato adalah salah satu dessert penutup di sana. Ada satu toko es krim Gelato yang terkenal yaitu Gelato Rasa. Lokasinya ada di depan St. Stephen Basilica. Gelato Rosa disajikan dengan bentuk yang unik. rasanya juga dikenal sangat enak sekali. Gelato Rosa juga menawarkan berbagai macam varian rasa. Bentuknya yang menyerupai bunga mawar mekar ini jadi alasan mengapa dessert ini dinamai Gelarto Rosa.

Bagikan