Turki, negara bagian di Timur Tengah ini sangat termasyhur dengan desain khasnya yang megah nan mewah. Tak hanya itu, Turki menjadi sebuah negara yang banyak sekali merekam jejak sejarah peradaban di dunia. Jadi tak heran jika banyak turis dari mancanegara ingin berkunjung kesini. Berikut fakta tentang turki yang harus kamu ketahui sebelum berlibur ke negara kebab ini:

Kapal Nabi Nuh Diduga Ditemukan di Turki

Gunung Ararat
Gunung Ararat

Fakta yang pertama yaitu Kapal Nabi Nuh Diduga Ditemukan di Turki. Para peneliti memang masih belum yakin 100 persen jika apa yang mereka temukan di Gunung Ararat adalah kapal Nabi Nuh. Namun dari sampel yang diambil berupa karbon, usianya memang sudah sangat tua. Tentang kapal Nabi Nuh di Gunung Ararat ini, masih banyak yang tidak percaya meskipun tak sedikit pula yang mengakuinya.

Modus pemalakan di Istanbul

Modus pemalakan di Istanbul
Modus pemalakan di Istanbul

Berkunjung ke Istanbul memanglah menyenangkan, namun kita harus berhati-hati. Pasalnya, ada beberapa modus yang dilancarkan oleh beberapa orang untuk melakukan pemalakan. Salah satunya adalah dengan menawarkan sol sepatu secara gratis. Ada yang memaksa dengan mengatakan untuk melarisi jasanya dan tidak dipungut biaya. Setelah sepatu kita diservis, mereka meminta bayaran dengan cara memaksa padahal awalnya bilang gratis. Hati-hati loh guys!

Turki Memiliki Pasar Tertua dan Terbesar di Dunia

Grand Bazaar
Grand Bazaar

di Turki ada sebuah pasar yang luar biasa dan ikonik serta sudah terkenal seantero dunia. Nama tempat ini adalah Grand Bazaar.Ketika ada di tempat ini, ajaklah seseorang karena kamu mungkin akan tersesat takkan bisa pulang. pasar ini luasnya berhektar-hektar dengan lorong-lorong yang sangat membingungkan. Ada sekitar 3000an toko di sini yang masing-masing menjual pernik khas Turki. Pasar ini konon sudah ada sejak tahun 1455 dan dibangun tak lama setelah Ottoman menguasai Konstantinopel. Waah asyik banget buat belanja oleh-oleh disini!

Lotre atau undian ada di mana-mana

Lotre
Lotre

Bukan rahasia lagi jika Turki merupakan negara sekuler, untuk itu lotre atau undian di negeri dua benua ini laris manis. Di kota besar maupun kota kecil kita akan menemukan orang yang menjajakan undian berhadiah. Salah satu merk lotre yang terkenal adalah Milli Piyango. Jadi, jangan terlalu kaget ya guys!

Tulip berasal dari Turki, Bukan Belanda

Tulip turki
Tulip turki

Ya, tulip pertama kali ditumbuhkan di tanah Turki oleh orang-orang dinasti Ottoman. Di Abad 16 baru kemudian Belanda mulai kenal dengan tulip setelah salah seorang perwakilan Turki membawa bibit bunga indah ini ke sana. Tak hanya penemu tulip pertama, Turki juga yang mengenalkan kopi dan buah ceri ke Eropa. Hmmm, sungguh fakta yang sangat menarik!

Bagikan