Gunung Ciremai di Kuningan ditutup untuk pendakian 17 Agustus 2019. Penyebabnya adalah kebakaran hutan yang dinilai membahayakan.

Gunung tertinggi di Jawa Barat ini ditutup pada awal bulan. Sebelumnya Gunung Gede Pangrango sudah pasti tertutup bagi pendaki yang ingin merayakan HUT RI, 17 Agustus 2019.

Penutupan Gunung Ciremai diumumkan oleh Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, seperti dilihat tfanews.com, Kamis (8/8/2019). Gunung ini ditutup mulai dari tanggal (7/8) hingga waktu yang belum ditentukan karena kebakaran.

Kebakaran di Gunung Ciremai melanda hutan di sekitar Blok Goa Walet pada Rabu lalu pukul 13.00 WIB. Area kebakaran sendiri ada di wilayah puncaknya.

“Kepulan asap pertama kali terlihat dari arah Desa Argalingga, Argapura, Majalengka, Jawa Barat. Sementara itu petugas mengevakuasi semua pendaki dari jalur Apuy, Palutungan, Linggasana, dan Linggajati,” ujar BTNGC.

“Mempertimbangkan kejadian kebakaran hutan ini, BTNGC menutup semua aktivitas pendakian gunung Ciremai,” imbuh dia.

Oleh karenanya, sebanyak empat jalur pendakian di atas ditutup untuk pendakian reguler. Pihak-pihak yang berkepentingan saat ini sedang bergerak untuk memadamkan api tersebut.

“Sampai saat informasi ini disebarkan, puluhan petugas gabungan dari BTNGC, MPA, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan dan Majalengka serta unsur pemerintahan dan masyarakat lainnya sedang bergerak menuju titik api. Hal ini dilakukan untuk mengupayakan pemadaman dan pemantauan api,” jelas dia.

Semoga kebakaran di Gunung Ciremai segera teratasi dan tidak ada korban. Dan, gunung ini pun siap didaki saat 17-an nanti.

Bagikan