Belanja oleh-oleh lazim dilakukan jamaah haji dan umrah. Ribuan kios oleh-oleh menawarkan item khas Arab Saudi seperti kurma, sajadah, tasbih, dan lainnya.

Di kalangan jamaah haji dan umrah ada anggapan bahwa lebih baik belanja oleh-oleh di Madinah saja karena harganya lebih murah. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Ada beberapa item yang lebih murah jika dibeli di Makkah, seperti baju, pashmina, maupun sajadah. Tetapi untuk produk makanan seperti kurma, dan coklat umumnya lebih murah di Madinah.

Lalu, dimana saja tempat belanja oleh-oleh haji dan umrah yang murah? Ini ada beberapa pilihannya:

1. Pasar Kurma Madinah

Pasar kurma Madinah terletak di dekat pintu 6 Masjid Nabawi. Tak jauh dari terminal bus. Di sini, banyak kios yang menawarkan kurma dan coklat dengan harga sangat miring. Kurma mentah yang berwarna kuning dijual seharga 10 Riyal per kilo. Coklat kerikil dijual seharga 10 Riyal per pack, atau 15 Riyal per 2 pack. Kurma Nabi atau kurma Ajwa kemasan kecil pun ada, harganya 10 Riyal.

2. Gerai Madina Made

Gerai Madina Made Terletak di dekat pintu 5 Masjid Nabawi, tak jauh dari Museum Quran. Tokonya terbilang kecil, namun lengkap dengan oleh-oleh unik yang jarang dijumpai di tempat lain, misalnya kurma Ajwa premium, dan kopi. Di Gerai Madina Made ini, kopi dijual dengan harga 15 Riyal. Di sini juga menjual sajadah dengan motif karpet hijau Raudah.

3. Siafa Dates

Siafa dates ini termasuk gerai oleh-oleh yang ramai dikunjungi jamaah haji dan umrah. Mayoritas produk yang dijual di gerai Siafa Dates adalah makanan. Di Makkah, lokasinya di Al Safwa Tower.

Adapun di Madinah, gerai Siafa dates bisa dijumpai di kompleks Anwar Al Madinah Mall, dekat pintu 15. Di sini tersedia kurma Ajwa, kurma khalas, biskuit Mamool dan lain-lain . Ada pula kurma coklat rasa kelapa, dan rasa mawar. Produk Siafa dates dikemas dengan kemasan premium namun tetap dengan harga terjangkau.

4.Mall Corniche Jeddah

Berbelanja di Mall Corniche Jeddah menjadi salah satu pilihan bagi jamaah haji dan umrah. Selain souvenir khas Arab Saudi, adapula item fashion seperti sepatu dan jam tangan. Selain Mall Corniche, adapula kios-kios oleh-oleh seperti Ali Murah, Gani Murah, dan Sultan Murah.

Nama nama tokonya ‘Indonesia banget’. Selain itu, pedagangnya fasih berbahasa Indonesia. Di Jeddah ada beberapa item yang unik dan sulit ditemukan di Makkah atau Madinah, misalnya kurma kecil-kecil yang berwarna hijau maupun mug dengan motif khas Arab Saudi.

5. Kios Oleh-oleh di Misfalah

Misfalah adalah salah satu distrik di Makkah yang menjadi maktab atau pemondokan jamaah haji. Area ini terletak sekitar 2km dari Masjidil Haram. Di Misfalah, terdapat ratusan kios-kios yang menjual souvenir cantik yang memanjakan mata pengunjung.

Mulai dari gerai kurma, pakaian, kain hingga emas. Souvenir khas Arab seperti gantungan kunci, tasbih, dompet dijual dengan harga sangat miring, mulai 2 Riyal.

Bagikan