Pulau Pahawang punya pantai yang sangat mempesona. Tak hanya pasir pantainya yang indah namun keindahan bawah lautnya juga sangat ciamik dan disukai wisatawan.

Pulau Pahawang merupakan kepulauan dengan ekosistem alam dan bawah laut yang menakjubkan. Mampir ke pulau ini, kamu bisa bersantai sambil menikmati keindahan ekosistem laut yang dimilikinya.

Berikut 7 fakta-fakta menarik Pulau Pahawang yang perlu kamu tahu:

1. Lokasi

Pulau Pahawang, kepulauan yang terletak di Lepas Teluk Punduh, Kecamatan Marga Punduh Pindada, Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan.

Untuk mencapai ke sini, kamu harus menyeberang dari Dermaga Ketapang dengan waktu tempuh dari Bandar Lampung sekitar 2 jam. Selama perjalanan juga dapat melihat keindahan perbukitan dan pantai.

2. Penduduk Lokal

Ada enam desa yang ada di Pulau Pahawang. Sebagian penduduknya merupakan transmigran dari pulau Jawa pada masa Orde Baru. Kebanyakan penduduknya berprofesi sebagai nelayan.

3. Wisata Bawah Laut

Sekitar tahun 2010-2011, Pemerintah Daerah Dinas Kelautan setempat mengajak nelayan untuk membudidayakan terumbu karang di sejumlah titik yang mengelilingi Pulau Pahawang.

Lokasi ini siap dijadikan tempat ber-snorkeling butuh waktu setahun. Menyelam di kedalaman 2-4 meter, wisatawan akan bertemu dengan beragam biota laut.

Beberapa tempat snorkeling yang biasa disinggahi oleh wisatawan di antaranya adalah Gosong Pancong, Cukuh Bedil, Gosong Bekri, dan Tanjung Putus.

4. Spot Snorkeling Unik

Selain ikan dan terumbu karang, kamu juga bisa melihat beragam spot-spot unik di bawah laut Pulau Pahawang. Spot snorkeling terdapat instalasi buatan penduduk berupa gapura, tulisan hingga candi-mini. Banyak pengunjung yang berfoto di bawah laut.

5. Taman Nemo

Taman Nemo jadi salah satu keunggulan destinasi yang patut disinggahi kalau kamu ke Pulau Pahawang. Kamu bisa bermain dan mengenal lebih dekat ikan badut alias Nemo yang jadi ikon film kartun Finding Nemo.

6. Sunset Indah

Pantai di Pulau Pahawang cukup populer. Saat senja, sunset pun bisa mengubah langit mendadak jadi romantis. Kamu pun bisa bersantai sambil melepaskan penat di sini.

7. Pulau Pahawang Besar dan Kecil

Ada dua Pulau Pahawang yakni Pulau Pahawang besar dan Pulau Pahawang kecil. Keduanya sama-sama memiliki keindahan pantai dan bawah laut yang eksotis.

Jika ingin berlibur ke Pulau Pahawang, banyak travel yang menawarkan open trip. Rata-rata travel organizer menawarkan harga yang berkisar antara Rp 600 ribu sampai Rp 750 ribu untuk 3 hari 2 malam bila berangkat dari Jakarta.

Harga itu merupakan paket lengkap (All in) dimana makan dan akomodasi sudah di dalamnya. Biasanya para peserta akan menginap di homestay yang berada di Pahawang Besar.

Bagikan