Menuju kampung halaman untuk bertemu keluarga tercinta adalah tradisi mayoritas masyarakat Indonesia. Kegiatan yang dikenal dengan istilah mudik ini, selalu dilakukan menjelang H-7 lebaran.

Banyak masyarakat berbondong-bondong berangkat dari kota besar untuk menuju kampung halaman.

Nah bagi kamu yang berencana melakukan tips persiapan mudik tahun ini, ada banyak loh hal yang harus diperhatikan. Mau tahu apa saja? Simak di sini!

7 Tips Persiapan Mudik Untuk Dilakukan

Pulang kampung atau biasa dikenal dengan mudik menjadi sebuah tradisi yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat muslim di Indonesia. Sebelum itu, ada tips persiapan mudik yang perlu kamu ketahui nih. Cari tahu semuanya di sini:

1. Siapkan Barang Bawaan Lengkap

Meninggalkan rumah untuk mudik dalam waktu yang lama, sudah pasti perlu menyiapkan banyak hal. Tips persiapan mudik pertama yang harus sobat tiket lakukan adalah menentukan barang bawaan selama mudik. Baju, celana, peralatan mandi, dan barang penting lainnya harus dibawa ya, jangan foto sama mantan terdahulu lho! (jadi sedih nanti di jalan)

Buatlah catatan tentang barang-barang apa saja yang akan sobat tiket bawa selama mudik. Dengan begitu, kamu tidak mudah lupa dan terlewatkan barang penting. Mudik sobat tiket jadi bisa lebih terorganisir dan teratur dengan baik.

2. Awas Jangan Boros

Setelah menyiapkan berbagai barang bawaan selama mudik nanti, ada hal penting lainnya yang perlu kamu lakukan. Tips persiapan mudik selanjutnya adalah mengatur pengeluaran keuangan kamu selama mudik.

Untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan, sobat tiket bisa membuat daftar atau catatan perkiraan pengeluaran selama mudik. Mulai dari pesan tiket pesawatatau kereta, mencari hotel untuk keluarga atau biaya bensin & tol jika menggunakan kendaraan pribadi, semua harus dicatat dengan seksama.

3. Pesan Tiket Jauh Hari (Bukan Jauh di Mata Dekat di Hati)

Adakah sobat tiket yang berencana mudik ke kampung halaman dengan pesawat terbang atau kereta api? Nah, pas banget kamu harus melakukan tips persiapan mudik ini. Bukan kamu saja nih, ada ratusan bahkan ribuan orang yang berencana mudik juga.

Pastikan kamu sudah memesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan minimal sebulan sebelum keberangkatan. Biasanya sudah banyak orang-orang yang membeli pada waktu tersebut untuk menghindari kehabisan tiket.

4. Mau Naik Apa?

Kamu mudik menggunakan apa, sobat tiket? Naik transportasi umum atau menggunakan kendaraan pribadi? Apapun itu, ada satu hal yang harus diperhatikan ketika menentukan transportasi pilihan untuk mudik. Banyak hal yang harus dipikirkan, baik dari sisi kenyamanan, biaya hingga efisiensi waktu.

Jika kamu tidak suka bermacet-macetan dan membutuhkan waktu yang lama, pesawat terbang atau kereta api bisa jadi pilihan. Namun, jika kamu tipe orang yang menikmati perjalanan jauh selama mudik dan bisa praktis jalan-jalan selama di kampung halaman maka kendaraan pribadi seperti mobil adalah pilihan tepat.

5. Bawa Banyak Bekal Ya…

Kamu mudik saat sedang puasa? Wah, bukan alasan buat batal lho ya! Perut lapar dan tenggorokan yang haus bisa menjadi musuh ketika kamu sedang mudik. Belum lagi kalau di jalan tol kamu tidak berhenti di rest area karena penuh.

Untuk mengantisipasi hal ini, tips persiapan mudik kali ini sobat tiket bisa membawa bekal makanan & minuman untuk buka puasa di jalan. Kamu jadi bisa hemat uang buat jalan-jalan sama saudara nanti kan, asyik banget nggak tuh? Oh iya, Jangan lupa bawa obat-obatan kalau sobat tiket punya penyakit khusus ya!

6. Jaga Kondisi Fisik dan Mental

Menempuh jarak yang jauh sudah pasti akan menghabiskan banyak tenaga. Terlebih lagi, jika kamu bepergian mudik masih dalam keadaan berpuasa. Wah, itumah siang-siang lihat es teh manis aja, bisa goyah ketahanan puasanya.

Tips persiapan mudik yang satu ini, penting untuk diperhatikan baik berkendara dengan transportasi umum atau kendaraan pribadi.

Pastikan kondisi fisik dan mental kamu dalam kondisi yang prima untuk melakukan mudik. Lonsumsi vitamin dan minum air putih dalam jumlah cukup saat sahur supaya puasanya kurang cairan (bukan kurang kasih sayang lho

7. Nggak Usah Pakai Baju Heboh

Menempuh jarak yang jauh dan waktu yang lama, bisa membuat kamu kebosanan. Apalagi jika sobat tiket menggunakan kendaraan pribadi, pasti merasa kusam dan kotor karena tidak bisa mandi. Nah, maka dari itu tips persiapan mudik ini harus kamu perhatikan baik-baik.

Gunakan pakaian yang nyaman dan bisa membuat kamu mudah bergerak. Ingat, kamu ini akan menempuh perjalanan panjang rintangan membentang bukan pergi ke acara peragaan busana kelas atas. Jadi tidak usah menggunakan pakaian yang kece dengan harga selangit.

Dengan mengikuti tips persiapan mudik di atas,  bisa membantu kalian semua untuk menempuh perjalanan mudik yang akan datang. Jadi, persiapan kamu untuk mudik menjadi lebih matang dan lebih baik, deh!

Bagikan