Perbedaan Kuliner – Serupa tapi tak sama, inilah makanan khas Indonesia yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia khususnya di pulau jawa.

Rasanya yang sangat mirip karena adanya berbahan dasar sama, yaitu bumbu kacang tanah. Meskipun menggunakan bahan dasar yang sama, kelima makanan ini memiliki perbedaan yang signifikan.

Berikut tfanews.com memaparkan perbedaan kuliner kelima jenis makanan khas Indonesia

1. Karedok

Karedok Sunda
Karedok Sunda

Karedok adalah makanan khas Sunda yang menggunakan sayuran yag masih mentah seperti mentimun, tauge, kacang panjang, kol, daun kemangi, dan terong.

Sayur-sayuran tadi kemudian dipotong kecil-kecil lalu disiram dengan bumbu kacang. Biasanya juga dihidangkan dengan kerupuk atau emping melinjo di atasnya.

2. Ketoprak

Ketoprak
Ketoprak

Bahan utama yang digunakan adalah bihun, ketupat, tahu, dan taoge. Setelah itu semua bahan utama tadi disatukan di dalam satu wadah.

Kemudian di atasnya bisa disiram dengan saus kacang, bawang goreng, dan kerupuk. Saus kacangnya biasanya sudah diulek dengan bawang putih dan bumbu lainnya.

3. Gado-gado

Gado-Gado Indonesia
Gado-Gado Indonesia

Mirip dengan karedok, perbedaannya adalah gado-gado menggunakan sayuran yang sudah direbus. Makanan khas yang berasal dari jawa ini menggunakan sayur kacang panjang, mentimun, wortel, selada, dan kentang.

Serupa seperti yang lain, di akhir penyajiannya ditambahkan saus kacang. Bumbu yang dicampurkan di saus kacang gado-gado, agak berbeda dengan ketoprak. Sebagai topping biasanya ditambahkan telur rebus dan kerupuk merah

4. Lotek

Lotek Jawa
Lotek Jawa

Makanan yang satu ini sering keliru antara gado-gado dan pecel. Terlebih karena sayuran di lotek hampir serupa dan diolah dengan cara direbus dulu, sama halnya seperti gado-gado dan pecel.

Bedanya, sayuran pada lotek biasanya terdapat bayam, kol, tauge, dan kadang ada juga yang menambahkan bunga turi.

Selain itu, saus kacang pada lotek juga dicampur dengan kencur yang memberikan sensasi rasa dan aroma yang berbeda. Lotek biasa disajikan bersama ketupat atau nasi putih dan dilengkapi dengan kerupuk.

5. Pecel

Pecel Sayur Khas Jawa
Pecel Sayur Khas Jawa

Pecel mirip dengan gado-gado dan lotek, perbedanya adalah saus kacang yang digunakan.

Pada pecel, saus kacangnya dihaluskan bersama daun jeruk, sehingga aroma daun jeruknya lebih terasa di hidung. Selain itu, biasanya pecel dimakan bersama rempeyek kacang yang nikmat. bisa juga ditambahkan nasi.

 

Bagikan