Biro perjalanan Haji dan Umrah kian menjamur, hal ini disebabkan hampir setiap orang semakin sering bepergian umroh yang secara otomatis hal tersebut membutuhkan jasa travel agen.

Peningkatan ekonomi masyarakat Indonesia juga mendorong terus berkembangnya usaha travel umroh dan haji. Peluang berbisnis di bidang jasa pelayanan umrah ini pun dimanfaatkan oleh pengusaha di bidang otomotif, bernama Fitriyanto.

Baca Juga :   Bersama TFA Manasek, Jamaah akan Menikmati Kenyamanan Kereta Haramain
Baca Juga :   Ilham Bintang Nikmati Pelayanan Umroh Privat Al-Bilad dan TFA manasek

Di bawah bendera Virsa Wisata, Fitriyanto memulai usaha jasa perjalanan umrah sejak tahun 2013.

Dia mengaku, keinginannya mendirikan usaha Jasa pelayanan umrah awalnya bukan karena dari sisi bisnis yang cukup menggiurkan, namun karena ingin melayani mayoritas umat islam di Indonesia yang ingin menjalankan ibada ke Tanah Suci.

Virsa Wisata bermitra dengan TFA Manaseek dalam menjamu jemaahnya. (TFAnews.com)

“Prinsipnya saya membuka travel tidak mengutamakan profit oriented, saya hanya ingin mempermudah umat islam untuk ke Tanah Suci, jadi dari awal saya enggak pernah lihat laporan keuangan dari awal, saya sambilan fokus di otomotif,” ucap Fitriyanto saat ditemui Tim TFANews.com.

Dengan niat ibadah, dia pun mulai menekuni usaha jasa umrahnya, melalui Virsa Wisata dengan memberangkatkan 30 hingga 40 jemaah selama tiga gelombang keberangkatan. Pelayanan Virsa Wisata pun dinilai cukup memuaskan bagi para jemaahnya.

“Banyak jemaah yang puas, dan Alhamdulillah ini terus berkembang,” ucap dia.

Jemaah Visa Wisata saat menjalani ibadah ke Tanah Suci. (TFAnews.com)

Untuk aktivitas selama jemaahnya di Tanah Suci, Fitriyanto mengaku saat ini menjalin kerjasama dengan TFA MAnasek, usaha travel yang fokus handling (mengurus dan mengatur) jamaah di Arab Saudi atau diluarnya.

Fitri mengaku pertama kali bermitra dengan TFA Manasek pada Maret 2019 lalu. Kendati tergolong baru bermitra dengan TFA Manasek, namun, Fitriyanto mengaku puas dengan pelayanan jasa handling ibadah umrah dan haji yag didirikan oleh Noordin Hidayat itu.

“Bagi saya cukup puas, di handling TFA sangat tepat waktu dan professional. Itu yang saya rasakaan saat ikut dengan jamaah. Pelayanan cukup bagus, koordinasi sangat update,” ucap Fitriyanto.

Dia pun membandingkan mitra handling pelayanan jemaahnya yang sebelumnya dengan TFA Manaseek. Menurutnya, apa yang diberikan TFA Manasek jauh lebih baik dari pada jasa handling yang sebelumnya bermitra dengannya.

Mutthowif-nya cukup bagus, oke dan koordinasinya bagus. Seperti contoh, ketika kita mau city tour ternyata bus nya sudah ada. Disiplin pengan waktu, Kalau handling yang dulu, malah kita yang menunggu bus,” ucap Fitriyanto sambil tertawa.

Karena hal itu, Fitriyanto mengaku tidak ragu bermitra dengan TFA Manasek. Dia bahkan mengaku pada program umrah plus tahun ini, akan kembali menggandeng TFA Manasek.

“Desember 2019 plus Turki, dan saya akan kembali menggunakan handling TFA. Ini tentu karena service yang diberikan TFA kepada kami cukup baik,” ucap Fitriyanto.

Pelayanan Prima

Sementara itu, Owner yang juga CEO TFA Manasek, Noordin Hidayat mengatakan usahanya di TFA Manasek Internasional merupakan usaha travel yang fokus handling (mengurus dan mengatur) jamaah di Arab Saudi atau diluarnya, sehingga target market TFA adalah agen travel.

Diketahui, saat ini di Arab Saudi yang menyediakan jasa handling jamaah haji dan umrah sangat sedikit, dan rata-rata masih personal handling atau pribadi bukan berbentuk perseroan atau PT, sehingga hadirlah TFA Manasek Internasional yang sudah memiliki badan hukum demi meyakinkan para agent travel dan membuat nyaman jamaah haji dan umrah.

CEO TFA Manaseek Noordin Hidayat (kanan) saat menghadiri sebuah acara di Arab Saudi.

Ketika ditanya apa keistimewaan dari TFA Manasek Internasional, Nordin menjawab bahwa selain sudah memiliki badan hukum, TFA akan terus berinovasi salah satunya yakni branding partner.

“TFA adalah perusahaan, pasti akan lebih percaya dibanding personal, perusahaan pasti menerapkan prinsip aman dan nyaman kepada konsumen. Lalu program terbaru yang akan kita kembangkan yakni branding partner yaitu membuat jamaah group ketika sampai Arab Saudi masih teringat dengan travel nya, jadi saling kontinuitas. Jamaah senang dengan travel nya, lalu travel senang ke kita sebagai travel agent” tambah Nordin Hidayat.

TFA Manasek Internasional yang meng-handling jamah selama di Arab Saudi selalu mengedepankan pelayanan yang aman dan nyaman kepada para jamaah travel selama di Arab Saudi, TFA juga senantiasa mengedepankan standar yang diberikan oleh Travel itu sendiri.

Bagikan