Banyaknya suku yang mendiami wilayah Indonesia, memunculkan beragam masakan khas dengan citarasa luar biasa.

Kemana pun kaki melangkah, rasanya tak perlu khawatir bakal kelaparan. Setiap daerah telah menyiapkan masakan unggulan khasnya masing-masing.

Kota Serang dan Kabupaten Serang memiliki kekayaan kuliner yang bakal membuat lidah kamu bergoyang. Jadi, jangan lupa mampir untuk menikmati kulinernya yah.

Berikut 4 Top Kuliner Serang Banten Yang Bikin Nagih!

1. Sate Bandeng

Lapar? Ini 4 Top Kuliner Serang Banten Yang Bikin Nagih!
Sate Bandeng

Sate Bandeng merupakan kuliner Serang yang sering menjadi pilihan oleh-oleh yang hits. Kios-kios di gerbang tol Serang Timur sering menjajakan kuliner ini untuk menjadi buah tanga.

Sate Bandeng sendiri merupakan hidangan yang cukup unik karena meskipun disajikan layaknya bandeng utuh namun sate bandeng tidak memiliki tulang sama sekali.

Karena telah melewati pembersihan tulang dan daging dari kulitnya dan diisi lagi dengan campuran daging bandeng, tepung, dang telur.

Sehingga dagingnya halus dan sangat enak dinikmati dengan sambal dan nasi panas. Sate Bandeng ini biasanya ditusuk dengan bambu dan diasapi sebelum digoreng ataupun dikukus.

2. Rabeg

Lapar? Ini 4 Top Kuliner Serang Banten Yang Bikin Nagih!
Rabeg

abeg merupakan semacam semur yang memakai daging kambing dan bumbunya agak pedas. Selain daging, ada juga beberapa rabeg yang isinya jeroan kambing.

Bumbu yang digunakan sangat beragam seperti lada, kayu manis, lengkuas, jahe, dan penyedap alami sehingga menciptakan rasa manis sekaligus pedas gurih

Karena terbuat dari bahan dasar daging kambing, maka wisatawan harus hati-hati dengan kandungan kolesterolnya yang tinggi terlebih lagi traveler yang mengidap penyakit kolesterol.

Wajib membatasi diri meskipun rasanya memang membuat lidah ingin nambah lagi.

3. Nasi Sumsum

Lapar? Ini 4 Top Kuliner Serang Banten Yang Bikin Nagih!
Nasi Sumsum

Serang terkenal dengan Nasi Sumsum nya yang rasanya gurih dan lezat. Seperti namanya, kuliner Serang ini terdiri dari campuran nasi dan sumsum tulang kerbau yang telah dibumbui.

Cara mencampurnya cukup unik yaitu dengan cara menggorengnya. Setelah digoreng, campuran nasi dan sumsum ini langsung dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar di atas pemanggang.

Cita rasa yang dihasilkan dari proses memasak Nasi Sumsum ini sangat lezat, gurih, dan nikmat. Jika tak ingin ketinggalan mencicipi kuliner ini saat ke Serang.

Kamu bisa datang ke kedai Nasi Sumsum di Jalan Purbaya, Pasar Lama, Bendungan, Serang. Di sini terkenal dengan Nasi Sumsum yang lezat.

4. Pecak Bandeng

Lapar? Ini 4 Top Kuliner Serang Banten Yang Bikin Nagih!
Pecak Bandeng

Pecak merupakan istilah untuk suatu sambal pedas (bukan sambal kacang) yang di combine dengan makanan tertentu.

Pecak Bandeng, berarti bandeng yang di (pecak) penyet dengan sambal yang telah ditentukan.

Tak lengkap rasanya ketika kamu berwisata ke Provinsi Banten tanpa menyantap makanan khas satu ini.

“Pecak Bandeng” namanya. Tidak hanya warga dari Serang, warga dari luar Banten juga memburu kuliner itu terutama di akhir pekan.

Bagikan