Mungkin belum banyak dari kita yang familiar dengan negara Kazakhstan. Yap, negara di tengah-tengah benua Asia ini merupakan negara yang luas dan masuk jajaran 10 negara terluas di dunia. Negara pecahan Uni Soviet ini berpenduduk asli orang Kazakh di mana nenek moyang leluhur mereka merupakan bangsa yang nomadic alias hidup berpindah-pindah tempat tinggal untuk menyesuaikan keadaan alam. Berikut 5 fakta negara kazakhstan:

Negara terkurung daratan yang memiliki Angkatan Laut

angkatan laut kazakhstan
angkatan laut kazakhstan

Kazakhstan adalah negara terkurung daratan terbesar di dunia, tetapi masih memiliki angkatan laut. Hal ini didasarkan pada Laut Kaspia yang juga sama-sama terkurung daratan.

Simbol Nasional Kazakhstan

Simbol Nasional Kazakhstan
Simbol Nasional Kazakhstan

Elang emas adalah salah satu simbol nasional Kazakhstan. Kazakh menghormati itu sebagai simbol kekuatan karena merupakan penguasa langit. Elang emas juga dapat ditemukan di daerah pegunungan di Amerika Serikat bagian Barat, Kanada, dan Meksiko.

Rumah untuk 130 lebih etnis dan kebangsaan

etnis di kazakhstan
etnis di kazakhstan

Nggak hanya Indonesia lho yang punya penduduk dari beragam etnis. Kazakhstan udah seperti rumah bagi penduduknya yang konon terdiri dari 130 lebih etnis dan dari berbagai bangsa. Hal ini disebabkan oleh letaknya yang tepat di tengah-tengah daratan benua Asia dan diapit oleh negara dengan bangsa yang besar seperti Rusia, Tiongkok, Mongolia, beberapa negara Timur Tengah dan negara-negara berakhiran Stan lainnya. Jadi, budaya orang aslinya, Kazakh, udah membaur dengan budaya-budaya lain.

Perayaan tahun baru 3 kali dalam setahun

tahun baru kazakhstan
tahun baru kazakhstan

Uniknya, masyarakat Kazakhstan merayakan malam tahun baru sebanyak 3 kali dalam setahun, lho. Sebenarnya sih yang resmi ada 2, yaitu malam tahun baru menurut kalender Masehi yaitu 1 Januari dan musim semi yang jadi penanda tahun yang baru untuk hasil alam yaitu pada 22 Maret dan disebut dengan Nauryz. Nah, kalau satu lagi adalah 14 Januari yang berdasarkan kalender Julian warisan dari masa Uni Soviet dan disebut dengan “Tahun Baru Lama”.

Negara yang berhasil membayar hutang ke IMF

 IMF
IMF

Kazakhsan menjadi negara anggota Uni Soviet dulu yang berhasil membayar seluruh hutang kepada IMF pada tahun 2000, tujuh tahun sebelum waktu yang ditentukan. Waw hebat ya bisa bayar hutang sebelum waktu yang ditentukan tanpa ditagih.

Bagikan