Gedung vertikal sudah biasa, tapi bagaimana kalau horizontal? Kabarnya China tengah membangun sebuah gedung horizontal tertinggi di dunia.

Adalah The Crystal, sebuah gedung horizontal di China yang tengah dibangun di Chongqing City. Dikumpulkan tfanews.com dari berbagai sumber, Jum’at (8/3/2019), rencananya gedung itu akan memiliki panjang 250 meter ke samping seperti diberitakan media The Sun.

Secara teknis, gedung yang merupakan bagian dari Raffles City Chongqing tersebut akan dibuat memanjang di puncak gedung pencakar langit dengan 60 lantai. Gedung itu pun akan menyambungkan empat gedung pencakar langit yang terpisah layaknya jembatan.

Menakjubkan! China Bangun Gedung Horizontal Tertinggi di Dunia

Selain berfungsi menyambung keempat gedung pencakar langit, nantinya The Crystal juga akan dilengkapi dengan hotel, restoran, toko, kantor hingga hunian pribadi.

Tak hanya itu. Rencananya juga akan dibangun observatory deck, infinity pool hingga sky walk di The Crystal. Di malam hari, gedung itu akan mempertontonkan pertunjukan cahaya di atas kota.

Menakjubkan! China Bangun Gedung Horizontal Tertinggi di Dunia

Diketahui, gedung itu dibangun oleh arsitek bernama Moshe Safdie yang jugaa membangun gedung Marina Bay Sands di Singapura. Tidak heran.

Keempat gedung pencakar langit di bawah The Crystal pun dibuat sedikit miring, menyerupai layar perahu yang dahulu berjaya dalam perdagangan di Kota Chongqing.

Menakjubkan! China Bangun Gedung Horizontal Tertinggi di Dunia

Apabila semua berjalan sesuai rencana, The Crystal akan rampung pada akhir tahun ini. Penasaran nanti jadinya akan seperti apa.

Bagikan