Madura merupakan sebuah Pulau dan Nama Suku yang berada di Jawa Timur, Pulau ini menyimpan sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan tersembunyi.

Sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Madura.

Madura terbagi menjadi 4 kabupatan yaitu Bangkala, Sampang, Pamengkasan, dan Sumenep yang punya banyak Spot objek wisata keren.

Mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata.

Berikut Objek Wisata Madura Yang Asyik Dikunjungi Saat Mudik;

Jembatan Suramadu

Objek Wisata Madura Yang Asyik Dikunjungi Saat Mudik
Jembatan Suramadu

Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) merupakan jembatan Nasional. Layaknya namanya, jembatan ini melintasi selat Madura yang menghubungkan Pulau jawa dan Pulau Madura, tepatnya dari Surabaya ke Madura (bangkalan/ timur kamal).

Suramadu juga merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini, yaitu dengan panjang mencapai 5.438 meter.

Panjangnya jembatan ini mematahkan rekor jembatan sebelumnya di Indonesia yaitu jembatan Posopati di Bandung.

jembatan Suramadu terdiri atas tiga bagian yakni jembatan utama atau main bridge, jembatan penghubung atau approach bridge serta jalan layang atau causeway.

Goa Blaban

Objek Wisata Madura Yang Asyik Dikunjungi Saat Mudik
Goa Blaban

Menjelajahi Gua Blaban bisa melengkapi perjalanan wisatamu di Pulau Madura, terutama jika kamu suka dengan wisata petualangan yang menantang.

Gua Blaban juga dikenal dengan nama Gua Mas atau Gua Batu Bintang. Saat mengunjungi gua ini, kamu akan menyaksikan pintu masuk gua berupa sumur dengan kedalaman 4 meter.

Ada tangga besi melingkar yang digunakan untuk menuruni sumur dan memulai penjelajahan di Gua Blaban.

Setiap pengunjung diberi waktu sekitar 15 menit untuk menjelajahi gua sehingga bisa bergantian dengan pengunjung lainnya.

Pemandangan di dalam gua didominasi oleh stalaktit dan stalakmit yang cukup banyak sehingga akan membawamu dalam suasana alam yang berbeda.

Batuan di dalam gua pun terlihat berkilau seperti kristal sehingga semakin menambah keindahan alam di gua ini.

Tips buat kamu yang ingin berwisata ke gua ini, pastikan datang di hari biasa untuk menghindari antrean yang cukup panjang. Karena pengunjung gua akan membludak di akhir pekan atau hari libur.

Pantai Siring Kemuning

Objek Wisata Madura Yang Asyik Dikunjungi Saat Mudik
Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning yang menjadi objek wisata populer ini dapat dipilih untuk menikmati matahari terbenam.

Sebab ombaknya yang lebih tenang dan dataran pasir yang lebih datar akan membuat pemandangan senja memukau.

Wisata alam ini bisa kamu temukan di desa Mecajah, kec. Tanjung Bumi Bangkalan. Di pantai Siring Kemuning kamuakan menjumpai nuansa pantai yang masih sangat alami disertai pesona pemandanganya yang sangat menawan.

Pulau Kangean

Objek Wisata Madura Yang Asyik Dikunjungi Saat Mudik
Pulau Kangean

Wisata kepulauan kangean juga merupakan salah satu wisata yang ada di Sumenep. Untuk sampai ke pulau Kangean kamu harus menyebrang dari pelabuhan menggunakan kapal. Kepulauan ini terbentuk karena gususan Pulau yang terdapat di Madura.

Selain pulau Kangean tersebut, anda juga bisa menikmati puluhan pulau lainya yang ada di Kangean. Misalnya, pulau saebus dan sapeken dan masih banyak lagi keindahan pulau-pulau disini sehingga kamu tidak boleh melewati kunjungan di berbagai pulau yang berada di madura.

Kota Tua Kalianget

Objek Wisata Madura Yang Asyik Dikunjungi Saat Mudik
Kota Tua Kalianget

Kota bersejarah ini dibangun pada zaman penjajahan Belanda dan merupakan kota modern pertama di Madura karena letaknya yang sangat strategis.

Kamu bisa menyaksikan sisa-sisa peninggalan kota modern yang dulunya menjadi pusat industri dengan dibangunnya pabrik garam briket modern pertama di Indonesia dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap.

Bagikan