Fasilitas umum di Tambaklorok, Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang kian lengkap. Di sana kini sudah ada Pasar Tambaklorok. Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, meresmikan fasilitas itu beberapa waktu lalu.

Orang nomor satu di Kota Semarang ini berharap, keberadaan pasar yang megah tersebut harus bisa mendorong kunjungan (wisata kuliner) ke Kampung Bahari. Yakni dengan menjadikan pasar Tambaklorok sebagai pusat dari aneka kuliner hasil laut.

Keberadaan pasar ini akan mendorong perekonomian. Juga kesejahteraan warga setempat. “Kalau warga Kampung Bahari ini sejahtera, pasar yang sudah dibangun oleh pemerintah dengan megah ini tidak akan kumuh,” ungkap Wali Kota Semarang.

Keberadaan pasar tersebut dioptimalkan untuk menjual berbagai potensi Kampung Bahari Tambaklorok. Misalnya dengan menjadikan pasar ini sebagai sentra aneka kuliner olahan ikan segar. Harapannya, jika orang menyebut Kampung Bahari Tambaklorok nantinya akan terbangun persepsi pusatnya kuliner ikan bakar Semarang.

Geliat perekonomian

Dengan begitu, perekonomian warga yang ada di kawasan ini akan semakin menggeliat. Warga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari mata pencaharian utama sebagai nelayan serta menjual ikan segar hasil tangkapan dari laut.

Sebab jika pasar dan kawasan Kampung Bahari ini hidup, tentunya akan berdampak langsung pada sektor- sektor riil lainnya. Hanya saja, untuk bisa mewujudkan hal ini butuh kemauan bersama.

Apalagi kampung nelayan Tambaklorok dulu terkenal kumuh. Kini telah menjadi Kampung Bahari melalui penataan serta pembangunan infrastruktur menggunakan dana APBN. Maka warga dan semua pihak harus bisa menjaga, merawat dan memanfaatkan dengan baik.

Paguyuban

Selain itu, dia juga berpesan untuk segera membentuk paguyuban Kampung Bahari Tambaklorok agar kampung yang dicanangkan sebagai kampung wisata bahari bisa berjalan maksimal dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sebab yang namanya pasar, tentu akan terkait dengan banyak sektor. Pasar tidak hanya menjadi tempat interaksi antara pedagang dan pembeli saja, namun juga ada pengelolaan parkir, penataan para pedagang agar tetap rapi dan bersih, inovasi, keamanan pengunjung dan lainnya.

Sehingga pasar ini akan menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk dikunjungi. “Makanya, saya mewanti- wanti, jaga, rawat serta manfaatkan pasar Tambaklorok ini sebaik- baiknya agar lebih bermanfaat bagi warga di Kampung Bahari,” tambahnya.

Bagikan