Paspor merupakan dokumen penting dan wajib Anda miliki jika sedang atau akan bepergian ke luar negeri. Karena paspor berisikan biodata pemegangnya yang meliputi antara lain foto pemegang, tanda tangan, tempat dan tanggal kelahiran, informasi kebangsaan dan juga beberapa informasi lain mengenai identifikasi individual.

Kasubag Humas Direktorat Jenderal Imigrasi, Sam Fenando berbagi tips aman menjaga paspor jika sedang traveling ke luar negeri.

“Jadi kalau Anda sedang di luar negeri, jaga baik-baik paspornya ya. Simpan di tempat yang aman agar tidak hilang,” ujarnya membuka obrolan kepada Tfanews.com Kamis (16/5/2019).

Sam menegaskan untuk para traveler yang kerap bepergian ke luar negeri, selalu pastikan masih ada halaman kosong di paspor. Jika sudah penuh segeralah lakukan penggantian paspor agar perjalanan lebih tenang dan nyaman.

Lalu bagaimana jika paspor hilang saat sedang traveling ke luar negeri?

“Yang paling terpenting harus tenang, jangan panik, semua ada solusinya.

Pastikan terlebih dahulu paspor benar hilang dan tidak terselip, ceritakan jujur dan apa adanya saat membuat laporan kehilangan paspor. Kedua, bila benar hilang, segera melapor ke kantor perwakilan Indonesia, ikuti prosedur Indonesia untuk mendapatkan SPLP (Surat Perjalanan Pelaksana Pelapor),” bebernya.

Jika bepergian lebih dari sepekan, kunjungi KBRI dan melaporkan kedatangan di sana. Hal ini memang tidak diwajibkan, namun akan sangat penting untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu kehilangan paspor atau bahkan mengalami masalah di negara tersebut.

Meski terlihat tidak penting, kegiatan lapor diri ini akan membuat kedatangan tercatat di KBRI. Anda akan lebih mudah mengurus segala sesuatunya, jika sewaktu-waktu mengalami masalah atau bahkan kehilangan paspor Anda di negara tersebut.

Bukan hanya itu saja, informasi yang Anda berikan kepada pihak KBRI, akan memudahkan mereka untuk menghubungi keluarga ataupun kerabat dekat.

“Selalu photo paspor Anda pada bagian cap atau tanda masuk ke negara tujuan, dan jangan lupa lapor diri ke perwakilan Indonesia bila bepergian dalam waktu yang lama,” tegas Sam.

Bagikan