Oleh: Lamganda Hinsa Simbolon
(Wiraswasta)

Danau Toba adalah keindahan permata alam milik Sumatera Utara, Indonesia. Danau indah nan menakjubkan ini dinyatakan sebagai danau vulkanik terbesar di dunia.

Baca Juga :   Danau Toba, Anugerah Tuhan Untuk Rakyat Sumut

Menurut ilmuwan, area ini terbentuk akibat letusan gunung Toba yang dahsyat pada masa lampau. Kemudian membentuk kawah besar yang kemudian dipenuhi air. Lalu terciptalah Danau Toba.

Ilmuwan berpendapat bahwa kawasan ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengahnya terdapat Pulau Samosir yang sangat indah. Luasnya hampir sama dengan negara Singapura.

Di pulau Samosir terdapat dua buah danau yang indah, sehingga orang – orang menyebutnya danau di atas danau. Karena ada danau di tengah – tengah pulau yang berada di tengah danau Toba.

Pemandangan indah

Keindahan pemandangan di danau Toba berpadu dengan bukit-bukit hijau di sekelilingnya. Airnya jernih dan pohon – pohon di sana membuat kagum setiap orang yang berkunjung. Danau Toba menawarkan pemandangan yang luar biasa indah dengan suasa sejuk, segar, hamparan air jernih membiru, dan ragam flora dan fauna siap memanjakan mata anda.

Keindahan danau ini tidak diragukan lagi. Danau ini merupakan destinasi wisata favorit semua orang. Danau Toba selalu ramai pengunjung baik wisatawan saing maupun wisata dari dalam negeri.

Masyarakat yang ramah selalu ada menyambut kedatangan anda. Ada banyak tempat yang dapat anda datangi ketika berkunjung ke danau Toba. Seperti Parapat, Batu Gantung, Paropo, Gunung Pusuk Buhit, dan Bukit Gajah Bobok.

Lainnya adalah Holbung Samosir, Negeri Bakkara, Haranggaol, Bukit Indah Simarjarunjung, Pulau Samosir, danau di atas danau (Aek Natonang dan Aek Sidihoni), dan Aek Ranggat. Tak hanya itu, masih ada Menara Pandang Tele, Air Terjun Efrata, Air Terjun Situmurung, Sapo Juma, Air Terjun Si Piso – Piso, Desa Wisata Tomok, dan Tuk-tuk.

Wisata budaya

Selain wisata alam indah, anda juga bisa berwisata budaya. Kekayaan kebudayaan dan adat Batak akan anda jumpai khususnya Batak Toba.

Ada banyak rumah Batak di sana yang tentunya akan menambah wawasan kebudayaan. Anda juga akan menjumpai patung Si Gale – gale di sana. Anda bisa menari bersama penduduk setempat saat pertunjukkan patung Si Gale gale.

Kemudian anda juga akan mendengar cerita – cerita rakyat yang sangat sarat dengan nilai – nilai budaya yang dpat dipedomani seperti cerita asal usul danau Toba, asal usul pulau Samosir, cerita batu gantung, dan lain-lain.

Kawasan ini sangat layak dijadikan sebagai lokasi wisata anda karena sangat indah dan memanjakan mata. Anda tidak akan menyesal karena semua bisa anda nikmati baik sendiri maupun dengan sanak saudara.

Penginapan

Anda tidak perlu khawatir mengenai penginapan saat berkunjung ke sini. Lokasi ini juga tidak sulit untuk di tempuh. Anda bisa bisa ke sini melalui jalur darat dan udara. Jalur darat di tempuh dari kota Medan sekitar 4 jam lebih dan dari jalur udara, anda akan landing di bandara international Sisingamangaraja XII.

Ada banyak pilihan penginapan yang tersedia di sini dan harganya bervariatif. Anda bisa menginap sembari menikmati keindahan pemandangan. Berwisata ke sana akan membuat pengalaman yang tak terlupakan bagi anda karena keindahannya seperti permata.

Bagikan