Melaksanakan ibadah umrah di bulan Ramadan memiliki keistimewaan yang lebih dibandingkan bulan-bulan lainnya. Namun tentunya juga memerlukan persiapan ekstra.

Tak hanya persiapan rohani, fisik pun harus disiapkan secara maksimal mengingat jemaah umrah Ramadan wajib berpuasa.

Agar persiapan Anda maksimal, berikut tfanews.com sajikan beberapa tips yang bisa menjadi acuan saat hendak berumrah di bulan Ramadan.

1. Persiapkan jasmani dan rohani Anda untuk menghadapi kondisi cuaca dan kondisi badan yang sedang berpuasa serta ritme ibadah yang berbeda dari biasanya.

2. Silahkan memilih paket perjalanan umrah di awal, pertengahan atau akhir bulan Ramadan atau full Ramadan sesuai dengan budget keuangan Anda. Untuk harga paket umrah di bulan Ramadan akan lebih mahal dari perjalanan umrah di bulan lainnya dan paket umrah di akhir Ramadan adalah yang paling mahal.

3. Pilihlah akomodasi yang letaknya tidak terlalu jauh dari Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Sebab, Anda akan banyak menghabiskan waktu di masjid atau bolak-balik beribadah ke Masjid.

4. Untuk sepuluh hari terakhir di Mekkah, biasanya hotel akan mengenakan harga paket 10 hari dalam satu harga walaupun kita tidak menggunakan seluruhnya.

5. Setibanya di Bandara Jeddah bersiaplah menghadapi antrean imigrasi yang panjang dan lama. Siapkan sedikit makanan di dalam tas tangan jika waktu kedatangan Anda bertepatan dengan waktu berbuka puasa. Biasanya petugas imigrasi akan beristirahat sejenak untuk berbuka puasa dan salat maghrib.

Bagikan