Liburan tidak akan lepas dari foto-foto. Kebanyakan orang membawa pakaian sampai beberapa koper. Sungguh merepotkan bukan? Padahal jika disusun dengan benar 2 koper pakaian cukup hanya dengan 1 koper saja.

Kali ini kita akan membahas cara melipat pakaian saat liburan dan traveling:

Gunakan metode menggulung.

Metode ini bisa mengurangi kerutan dan menghemat ruang. Metode ini terutama cocok untuk celana pendek, kaus kaki, kaus berbahan sintetik dan tank top, beberapa piyama dan sweater. Kunci untuk membuat cara ini berhasil adalah dengan menghaluskan permukaan pakaian selagi menggulungnya.

Lipat celana jin menjadi dua secara memanjang (vertikal).

Lipat Gulung Celana
Lipat Gulung Celana

Pastikan bahwa permukaan celana jin halus. Mulai gulung jin dari bawah. Ada baiknya untuk memulai dengan jin dan pakaian yang lebih besar sehingga Anda bisa memasukkannya ke dalam tas terlebih dahulu.[2]

Gulung kaus Anda.

Rentangkan kaus terbalik (menghadap ke bawah) di atas permukaan yang datar. Lipat lengan ke belakang ke bagian badan kaus. Pastikan Anda menghaluskan kerutan. Lipat baju memanjang secara vertikal sekali sebelum menggulungnya.[3]

Lipat kemeja lengan panjang.

Muat di koper
Muat di koper

Rentangkan kemeja terbalik. Lipat lengan ke belakang secara mendatar (sehingga lurus memanjang ke samping) lalu lipat lagi ke bawah sehingga bagian pergelangan tangan hampir menyentuh ujung bawah kemeja dan salah satu sisi tiap lengan sejajar atau berhimpitan dengan sisi badan kemeja. Setelah itu lipat sekali secara vertikal dan mulai menggulung dari bagian bawah kemeja.

Gulung rok, gaun, dan celana bahan.

Pastikan untuk menghaluskan permukaan pakaian sebelum dan selagi menggulung untuk menghindari kerutan dan lipatan. Sebaiknya tempatkan jenis pakaian ini di bagian bawah koper karena akan lebih aman (dan jenis pakaian ini biasanya lebih besar dari kaus dan dalaman) dari bawah.

Gantung pakaian setelah Anda sampai di tujuan.

gantung Pakaian
gantung Pakaian

Menggantung pakaian Anda (setidaknya yang bagus), akan memastikan pakaian tetap bebas kerut. Biasanya pakaian yang dilipat dengan cara ini menjadi berkerut dibiarkan saja dalam tas Anda dan Anda membuatnya berantakan. Menggantung pakaian akan menghindari masalah ini.

Sebaik-baiknya packing adalah yang tidak ada celahnya.

Pastikan tidak ada celah dalam tasmu dan Selipkan pakaian-pakaian dalam atau artikel-artikel pakaian kecil seperti selendang, baju renang, sapu tangan, atau sabuk di sela-sela ruang yang masih tersisa dalam tas. Untuk sabuk, pasang sabukmu memanjang mengikuti pinggiran tas, daripada menggulungnya.

Vacuum bag

Vacum bag
Vacum bag

bagaikan keajaiban yang mampu membantumu mengurangi volume pakaian dan bawaan kamu. Belakangan teknologi vacuum bag sudah banyak dijual bebas. Idenya adalah dengan memasukkan pakaian yang sudah kamu gulung atau lipat bundle ke dalam kantong plastik khusus yang kemudian dihisap habis udaranya. Hasilnya adalah kantung berisi pakaian yang kempis, kadang gepeng, dan keras. Beratnya tetap sama, namun ruang yang terpakai dalam tasmu akan berkurang drastis.

Selamat Mencoba.

Bagikan