PROMO TERBARU

Di Magelang juga ada pasar unik, Pasar Tradisi Lembah Merapi. Pasar ini buka tiap hari Minggu ini melakukan transaksi dengan uang dhuno. Intip yuk!

Pasar Tradisi Lembah Merapi ini berada di Gunung Gono, Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Bersamaan dilangsungkan Festival Lembah Merapi yang dimulai tanggal 2-4 Agustus 2019, Pasar Tradisi Lembah Merapi buka selama 3 hari.

Lokasi pasar ini dari parkiran harus melewati jalan menanjak, namun rasa capek akan hilang setelah sampai di lokasi pasar. Nantinya akan menemukan suasana kampung yang masih asri dan tradisional.

Sebelum memasuki lokasi pasar ini, pengunjung harus menukarkan uang rupiah dengan uang dhono yang terbuat dari bahan kayu. Uang dhono inilah yang digunakan untuk transaksi membeli berbagai makanan, minuman dan jajanan tradisional yang ada. Adapun 1 dhono ini nilainya sama dengan Rp 2.000.

Untuk makanan, jajanan dan minuman tradisional, bahkan para pedagang pun memakai pakaian adat Jawa. Kemudian, makanan yang dijual antara lain jenang, buntil, dawet, kluban, getuk, mendut, maupun jajajan tradisional lainnya.

Di lokasi inipun, pengunjung tidak ada merasa kepanasan karena berada di rerimbunan pohon bambu dan pohon lainnya. Kemudian, untuk membeli makanan bungkusnya menggunakan daun pisang dan tersedia pula keranjang dari anyaman bambu.

Kepala Desa Banyubiru Wintoro mengatakan, keberadaan Pasar Lembah Merapi mulai dibuka pada 27 Januari 2019. Pasar ini buka tiap hari Minggu saja, namun karena ada Festival Lembah Merapi, kemudian pasar dibuka 3 hari.

“Festival Lembah Merapi merupakan festival tahunan dan ini yang kedua merupakan kerja sama dengan Dinas Disparpora Kabupaten Magelang. Pasar Tradisi Lembah Merapi kita buka pada 27 Januari 2019. Gunung Gono ini akan identik dengan peradapan kampung Merapi, dari mulai transaksi yang ada di sini pakai dhono dalam Mataram Kuno disebut bundho atau harta. Tapi kalau kaum milenial disebut Dolar Gunung Gono,” katanya saat ditemui di sela-sela Festival Lembah Merapi, Jumat (2/8/2019).

Bagikan