Dessert yang satu ini memang memiliki rasa yang nggak kalah enak dengan cokelat atau makanan manis lainnya. Rasanya yang dingin membuat es krim terasa segar saat dikonsumsi di siang hari.

Dessert dingin dengan banyak varian rasa ini jadi favorit banyak orang. Kelezatan dan kesegarannya tak bisa diabaikan begitu saja.

Mungkin kamu mengira bahwa semua es krim di dunia itu sama saja. Tapi nyatanya tidak. Ada ciri khas es krim masing-masing negara.

Berikut 5 Jenis Es Krim Paling Banyak Diburu Wisatawan Dunia;

1. Gelato, Italia

5 Jenis Es Krim Paling Banyak Diburu Wisatawan Dunia
Gelato, Italia

Gelato  adalah sebuah ice cream dari Italia yang memiliki arti beku dari kata ‘gelare’. Ice cream gelato dikenal lebih kental daripada ice cream biasanya.

Makanya ice cream jenis ini sering ada di kawasan pantai, lebih padat dan dingin. Adonannya yang penuh dengan telur membuat gelato makin padat dan enak. Campuran susunya pun mempergurih ice cream yang dingin tersebut.

Meskipun gelato padat, namun dikandungannya tidak mengandung lemak yang tinggi, sehingga gelato ini digemari meskipun harganya lebih mahal.

2. Dondurma, Turki

5 Jenis Es Krim Paling Banyak Diburu Wisatawan Dunia
Dondurma, Turki

 

Dondurma mungkin terlihat seperti es krim biasa, dan bahkan rasanya seperti es krim normal, tapi es ini memiliki tekstur yang tidak seperti es krim lainnya, karena bahan utamanya sendiri adalah susu kambing.

Bentuknya tebal dengan teksturnya agak keras, sehingga untuk memakannya harus dengan cara dikunyah. Uniknya, Dondurma dikenal atas pertunjukan spektakuler yang ditampilkan penjualnya yang memiliki seragam khas dan unik.

Dalam bahasa Turki sendiri, Dondurma berarti beku dan memiliki tekstur kenyal dan elastis.

3. Mochi Ice Cream, Jepang

5 Jenis Es Krim Paling Banyak Diburu Wisatawan Dunia
Mochi Ice Cream, Jepang

Banyak orang yang telah mengenal kue mochi, tetapi sebenarnya kue mochi ini berasal dari Jepang yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk menjadi lembut dan lengket.

Disitulah kata mochi berasal, yaitu artinya kue berasMochi berbentuk bulatan yang memiliki isian yang beragam.

Hidangan khas Jepang ini umumnya disuguhkan pada saat perayaan tradisonal mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang.

Di Indonesia yang terkenal adalah kue mochi dari daerah Sukabumi dan Bandung. Bahkan, kini terdapat produsen es krim menjual varian es krim mochi di Indonesia, lho.

4. Kulfi, India

5 Jenis Es Krim Paling Banyak Diburu Wisatawan Dunia
Kulfi, India

Kulfi atau es krim khas India dan Pakistan merupakan sajian es manis kaya rasa yang cocok dinikmati saat cuaca panas.

Hidangan ini terbuat dari susu segar dan gula yang direbus di atas api kecil. Kulfi yang dijajakan di gerobak kaki lima biasanya ditempatkan di wadah khusus terbuat dari tembikar bernama matka yang berisi es batu dan garam agar tidak mudah meleleh.

Terdapat pula varian rasa yang tidak biasa, yaitu mangga, vanili, dan mawar. Penyajiannya pun sangat unik, yaitu menggunakan selembar daun atau stik kemudian ditaburi rempah-rempah seperti cardamomsaffron, kacang pistachio, dan sirup mawar.

Ada juga falooda kulfi, yaitu kulfi yang disajikan dengan taburan bihun di atasnya. Unik, ya! Di India, es krim satu ini merupakan kuliner jalanan yang umum dan dijualnya dengan menggunakan panci yang diisi dengan es dan garam yang disebut matka.

Es yang berbentuk agak kerucut seperti es loli ini terbuat dari susu yang direbus selama satu jam.

Dibumbui dengan pistachio, kunyit, atau kapulaga bikin rasanya jadi kaya. Memang kesannya berbeda dengan es krim pada umumnya, kulfi lebih mirip dengan custard beku.

5. Es Puter, Indonesia

5 Jenis Es Krim Paling Banyak Diburu Wisatawan Dunia
Es Puter, Indonesia

Es puter merupakan makanan khas kita yang telah menjadi identitas Indonesia? Es yang biasa ditemukan di depan sekolah-sekolah hingga di resepsi pernikahan ini menjadi primadona masyarakat Indonesia.

Karena harganya yang murah dan rasanya yang enak. Penyajian es yang diputar, sesuai dengan namanya, menjadi ciri khas tersendiri dan tidak dapat ditemukan di negara manapun!

Di Asia Tenggara seperti di Indonesia dan Malaysia kita mengenal Es Puter yang di buat dari santan tanpa menggunakan krim. Cita rasa yang di pakai juga khas Indonesia, seperti Kopyor, Advokad dan Kacang Hijau.

Bagikan