Bekerja seharian tentu membuat tubuh dan pikiran terasa penat dan kelelahan. Dipaksakan bekerja, yang terjadi malah bisa berantakan. Ketika dalam kondisi ini, berlibur adalah solusi terbaik untuk memulihkan kondisi. 

Salah satu destinasi yang tepat untuk liburan adalah Turki. Terletak di perbatasan Benua Asia dan Eropa membuat Turki kaya akan perpaduan budaya Timur dan Barat, baik klasik maupun modern. Hal ini terlihat dari konsep bangunan di sana, yang mencampur gaya Timur Tengah dan Eropa. 

Tak hanya itu, Turki memiliki beragam keindahan alam, aktivitas petualangan, kuliner dan seni yang kaya. Keadaan ini tentu membuat banyak orang tertarik berkunjung ke negara ini.

Bagi wisatawan Muslim, Turki memiliki banyak masjid yang begitu indah dan bersejarah. Selain mendapatkan pengalaman spiritual, kita juga bisa memahami sejarah perkembangan Islam di sini.

Traveler ingin berlibur ke Turki? Berikut lima hal yang perlu kamu perhatikan, seperti dikutip dari worldnomads.com.

Visa

Dokumen ini sangat penting jika ingin berlibur ke luar negeri, terutama Turki. Otoritas setempat mewajibkan wisatawan membawa visa sebelum masuk ke wilayah Turki.

Pastikan paspor kamu masih valid selama enam bulan ke depan sejak tanggal masuk ke Turki sebelum mengurus visa. Pengurusan dokumen ini biasanya memerlukan waktu beberapa minggu. Sehingga, sebaiknya traveler mengurus visa jauh hari sebelum tanggal keberangkatan.

Untuk mendapatkan visa, kalian bisa menghubungi atau mengunjungi Kedutaan Besar Turki di Indonesia. Kamu bisa bertanya segala hal seputar visa Turki di sana.

Kebiasaan Orang Turki

Orang Turki punya kesamaan dengan orang Indonesia yaitu ramah. Orang Turki seringkali mengundang wisatawan untuk minum kopi atau teh di rumahnya.

Apabila ingin bisa lebih dekat lagi dengan warga lokal, sebaiknya pelajari sebagian bahasa Turki. Hal ini akan sangat membantu kamu saat berlibur. 

Tetapi, traveler juga harus ekstra hati-hati. Ada sebagian orang memanfaatkan keramahan tersebut untuk maksud buruk. Namun kamu jangan khawatir, tidak semua pria di Turki seperti itu kok.

Selalu Bawa Mata Uang yang Berbeda

Membawa mata uang berbeda akan sangat membantu jika kehabisan uang tunai. Kami bisa menukarkan mata uang asing dengan uang yang dipakai masyarakat setempat jika kehabisan Lira Turki.

Sebenarnya di Turkey ada banyak ATM namun sebaiknya jangan terlalu mengandalkan. Sebab, sebagian mesin tidak bisa menerima kartu ATM bank asing. Selain itu, ada biaya yang jumlahnya cukup banyak apabila dirupiahkan.

Mata uang yang paling mudah dikonversikan dengan Lira Turki adalah Dolar Amerika Serikat dan Euro. Pastikan selalu ada uang tunai, kartu ATM maupun kartu kredit di dompet dan simpanlah di tempat yang aman.

Berpakaian yang Sopan

Turki merupakan negara dengan perpaduan budaya Timur dan Barat. Sebagian besar kota di Turki cukup kosmopolitan, tetapi tidak di pedesaan. Masyarakat pedesaan masih berpegang teguh dengan adat dan tradisi.

Ketika berlibur ke Turki, perhatikan betul baju yang kamu pakai. Upayakan untuk selalu terlihat sopan. Karena kebanyakan orang Turki masih memegang teguh etiket berpakaian. Apabila nekat memakai baju yang dianggap orang Turki kurang pantas. siap-siap saja jadi sorotan tajam masyarakat.

Toilet Tradisional Turki

Traveler, jangan kaget apabila menemukan toilet jongkok. Di berbagai hotel, museum, dan restoran memang menggunakan gaya tradisional untuk toilet mereka.

Biasanya di dalam toilet jongkok terdapat keran dengan air mengalir yang terletak di sebelah squat. Air keran tersebut bisa dipakai untuk menyiram atau cebok.

Sebelum jongkok, sebaiknya keluarkan semua barang yang ada di dalam kantong celana. Ini agar nantinya tidak tercebur ke dalam squat.

Traveler juga harus selalu membawa tisu toilet ataupun tisu basah selama perjalanan. Sebagian besar toilet umum di Turki tidak menyediakannya. Daripada boros hanya untuk beli tisu, lebih baik siapkan sebelum berangkat.

Bagikan