Banyuwangi ya, Salah satu kota di Jawa Timur ini ternyata menyimpan beragam fakta menarik yang perlu diketahui. Seperti halnya kota-kota lain di Indonesia Banyuwangi pun menyimpan beragam misteri sekaligus keindahan yang sulit untuk tertandingi. Berikut keempat fakta menarik banyuwangi yang harus kamu ketahui:

Penghasil ikan Terbesar kedua di Indonesia

ikan banyuwangi
ikan banyuwangi

Fakta unik kabupaten Banyuwangi selanjutnya adalah sebagai penghasil ikan. Dari tahun ke tahun Banyuwangi selalu konsisten menjadi penghasil ikan terbesar setelah Bagan Siapiapi. Banyuwangi memiliki 309 Unit Pengolah Ikan (UPI). Dan daerah yang paling banyak menghasilkan ikan adalah Muncar. Disini terdapat pelabuhan perikanan, dengan penghasil ikan terbesar inilah Banyuwangi menjadi unik.

Kaya akan wisata kuliner, budaya, dan adat istiadat

barong ider bumi,
barong ider bumi,

Kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa ini kaya akan budaya dan adat istiadatnya. Berbagai macam tarian seperti gandrung, kunthulan, dan seblang berasal dari sini. Ada pula ritual dan kesenian seperti kebo-keboan, barong ider bumi, gepok kasur, serta tumpeng sewu.

Berbagai macam adat istiadat ini digelar secara turun-temurun. Kini kekayaan budaya tersebut kerap diunggulkan dalam pariwisata dan menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Suku Asli Bayuwangi, Suku Osing

Suku Osing
Suku Osing

Osing adalah suku asli Kabupaten Banyuwangi. Asalnya dari Kerajaan Blambangan. Konon katanya, nama “Osing”  berasal dari kondisi masyarakat Blambangan yang kocar-kacir dikejar penjajah Belanda yang membalas dendam mereka karena kalah merebut Bumi Blambangan di peperangan sebelumnya. Jadi, pada saat ditanyai oleh prajurit Belanda, apakah dia masyarakat Blambangan, mereka menjawab “Osing” yang berarti “tidak” untuk bisa lolos dari para prajurit Belanda. Cerdik juga ya?

Gadis Banyuwangi

Gadis Banyuwangi
Gadis Banyuwangi

Fakta Banyuwangi selanjutnya yaitu gadis bayuwangi yang berparas cantik. Banyak yang mengatakan jika gadis Banyuwangi itu cantik-cantik, terutama penduduk aslinya yang bernama Osing itu. Sepertinya kamu tidak perlu meragukannya karena memang apa yang ada ya seperti itu. Gadis-gadis Banyuwangi terkenal sangat cantik dan mereka ibarat permata di dalam pasir, alias cantiknya alami. Tak hanya cantik, para gadis Banyuwangi juga sangat menjaga adat mereka. Entah tembang-tembang atau tarian-tarian tradisional.

Bagikan