Kawasan Bromo Tengger Semeru bakal semarak karena Eksotika Bromo 2019 akan digelar kembali pada 13-17 Juli 2019. Event ini dijadwalkan akan menampilkan beragam tari-tarian dari beberapa daerah di Indonesia dan pertunjukan musik kolosal ditambah dengan rangkaian pembacaan puisi oleh beberapa penyair.

“Eksotika Bromo 2019 megah. Konten yang ditampilkan bagus, sangat khas dan otentik, Eksotika Bromo sangat cocok bagi milenial. Ada banyak konten instagramable di sini. Event juga menampilkan nama-nama populer,” ungkap Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dalam keterangan tertulis, Kamis (11/7/2019).

Ada sembilan subevent yang akan ditampilkan selama lima hari tersebut. Ada juga nama-nama beken yang bakal mengisi rangkaian acara, sebut saja aktris Cornelia Agatha yang akan membacakan puisi kusuma dan budayawan Sosiawan Leak yang akan membacakan puisi Kidung Tengger. Lalu penyanyi Pritta Kartika yang membuat panggung alam tersebut makin lengkap dengan nuansa nasionalisme.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur Sinarto mengatakan bahwa selain puisi dan musik, Eksotika Bromo 2019 juga menampilkan sendratari kolosal Joko Seger-Roro Anteng. Sendratari ini bercerita soal kegigihan Joko Seger-Roro Anteng dalam meraih cita-citanya dan nilai-nilainya kini diabadikan masyarakat Tengger melalui Upacara Yadnya Kasada.

“Dunia sudah mengakui eksotisnya Bromo. Alam, budaya, dan kekuatan religi melebur jadi harmoni di Bromo. Untuk itu, Eksotika Bromo 2019 jangan sampai terlewatkan, ada banyak sisi unik di sini. Kami mengundang kaum milenial untuk bergabung di Eksotika Bromo 2019,” jelas Sinarto.

Selain itu, Eksotika Bromo 2019 juga akan menampilkan beragam kesenian maupun sisi artistiknya, misalnya parade Jaranan Tengger yang menampilkan tarian dari empat kabupaten yang berada di wilayah Tengger.

Adapun kesenian yang ditampilkan seperti tari Kepang Dor Jaran kencak, Jaran Slining, dan Jaranan Campursari. Eksotika Bromo 2019 juga menyediakan slot untuk penampilan budaya dari daerah lain.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengakui konsep instagramable Eksotika Bromo akan mengoptimalkan potensi pasar milenial apalagi Asia memiliki potensi pasar milenial 57% hingga 2030 nanti. Slot milenial terbesar dimiliki China dengan 333 juta orang, Filipina 42 juta orang, dan Vietnam 26 juta orang.

“Eksotika Bromo 2019 sangat pas bagi milenial. Selain artistik, ada banyak hal baru yang ditawarkan di sana. Milenial memiliki space sangat lebar untuk berkreasi. Dengan konsep tahun ini, Eksotika Bromo ini akan menarik banyak pasar milenial khususnya Asia,” ucap Arief.

Bagikan