Yuli Susanthi (Pacitan)

Terletak di ujung selatan Pulau Jawa, Pacitan dikenal sebagai wilayah kecil yang jauh dari keramaian kota. Namun siapa sangka, kalau wilayah kecil yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia tersebut memiliki pesona luar biasa.

Sajian alamnya yang memukau membuat Pacitan layak dikenal dengan sebutan The Hidden Paradise Of Java (Surga tersembunyi di Pulau Jawa). Pasalnya, keindahan dan keramahan yang disajikan sukses membuat siapapun yang pernah datang ke kota kecil ini pasti berencana untuk kembali.

Sebagaimana kodratnya, alam selalu menyuguhkan kejutan indah untuk penghuninya. Tak heran kalau alam menjadi pelarian terbaik untuk memanjakan mata dan hati di sela-sela kesibukan menjalani aktivitas. Begitu pula dengan Pacitan, meski terletak jauh dari pusat kota namun Pacitan memiliki sejuta pesona yang siap membuat siapapun membelalakkan mata.

Bercengkerama dengan senja di Pantai Kasap

Pantai dan senja selalu menjadi kombinasi yang lekat dengan kata sempurna. Sambil menikmati senja, pengunjung bisa merasakan sensasi semilir angin laut dengan panorama gugusan karang yang menghijau. Spot-spot foto yang menarik juga menambah keindahan pantai yang dikenal memiliki gugusan karang bak pulau yang berjajar di tengah perairan.

Pantai Kasap sendiri terletak di Dusun Gumuharjo, Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, sekitar 15 KM dari pusat kota. Untuk menuju ke sana, pengunjung bisa langsung menuju ke arah jalur utama Pacitan-Solo. Selanjutnya pengunjung akan diarahkan dengan papan-papan penunjuk untuk sampai ke Pantai Kasap.

Tak perlu mengeluarkan banyak uang, memanjakan mata dan bercengkerama dengan senja di pantai ini cukup mengeluarkan Rp. 5000,- saja. Pengunjung sudah bebas parkir serta menikmati pesona Pantai Kasap tanpa durasi waktu.

Menyaksikan pesona seruling samudera di Pantai Klayar

Pantai Klayar
Pantai Klayar

Berbeda dari pantai lainnya, Pantai Klayar dikenal memiliki keunikan yang cukup eksotis. Yap, karang yang menjulang tinggi dan menyemburkan air dengan irama bak seruling menjadi ciri khas pantai satu ini. Dikenal dengan sebutan Seruling Samudera pengunjung bisa menyaksikan semburan ombak hingga setinggi 10 meter pada jam-jam tertentu.

Tak jauh dari Pantai Kasap, Pantai Klayar sendiri terletak di Dusn Kalak, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. Untuk menuju ke sana, pengunjung bisa melalui jalur utama Pacitan – Solo dan mengikuti papan petunjuk yang khusus dipasang di sepanjang jalan menuju Pantai Klayar.

Berapa tiket yang harus dibayar untuk menikmati pesona Pantai Klayar? Cukup Rp. 5.000,- untuk hari biasa dan 10.000,- untuk akhir pekan dan hari libur pengunjung sudah bisa menikmati keindahan Pantai Klayar. Nah, untuk pengunjung yang ingin berpose di area Seruling Samudera, harus membayar biaya tambahan sebesar RP. 10.000,- untuk menyewa jasa keamanan karena posisi Seruling Samudera yang menjorok ke tengah lautan.

Merasakan sensasi sunyi dan alami di Pantai Tawang

Pantai Tawang
Pantai Tawang

Laksana pulau pribadi, begitulah kata yang kerap terucap bagi siapapun yang pernah berkunjung ke pantai satu ini. Air yang tenang, pohon kelapa yang bergoyang ditiup angin, serta pesona kapal tua yang terdampar di sepanjang Pantai Tawang memang sangat menakjubkan. Tempatnya yang sedikit bersembunyi membuat Pantai Tawang sengaja dibiarkan sebagaimana aslinya.

Pantai Kunir

Terletak di Dusun Sumurtimo Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo, pengunjung bisa menuju ke pantai Tawang melalui jalur utama Pacitan – Trenggalek atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jalur Lintas Selatan (JLS). Ada yang lebih menarik, untuk menyaksikan pesona pulau pribadi di pantai ini pengunjung tidak dipungut biaya lho, alias gratis!.

Menikmati ketenangan telaga di Pantai Kunir

Pantai Kunir
Pantai Kunir

Pernah menemukan telaga air tawar yang tenang di pantai? Jawabannya silahkah berkunjung ke Pantai Kunir. Sebagai salah satu pantai yang masih perawan, pengunjung bisa menyaksikan ketenangan telaga air tawar di pantai ini.

Berbeda dari pantai – pantai yang lain, telaga di Pantai Kunir merupakan muara dari sungai yang mengalir ke Laut Selatan. Air yang tenang dan jernih, kerap membuat pengunjung kerap tergoda untuk berenang di dalamnya.

Meski keindahannya sangat menakjubkan, namun untuk menuju ke Pantai Kunir pengunjung harus melewati jalan yang cukup terjal dan hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua. Nah, untuk yang menggunakan kendaraan roda empat, siap-siap jalan kaki dari tempat parkir ya!!

Terletak di Jalur Lintas Selatan, Dusun Lamong, Desa Pager kidul, Kecamatan Sudimoro, Pengunjung bisa dengan mudah menemukan pantai ini. Tanpa mengeluarkan uang sepeserpun, pengunjung sudah bisa menikmati pesona Pantai Kunir, karena sampai saat ini masih belum ada tiket masuk ke Pantai Kunir.

Pantai Segara Anakan, spot menarik berlatar gugusan perahu

Pantai Kunir
Pantai Kunir

Menyaksikan gugusan perahu yang sedang bersandar dipadu dengan birunya air laut sudah pasti menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan. Pantai Segara Anakan dikenal sebagai salah satu pantai yang menyuduhkan ketenangan.
Pasir putih yang dangkal, goa tepi pantai yang indah, serta tebing yang menjulang menjadi kejutan bagi para pengunjung pantai satu ini. Tak cuma itu, gugusan pulau kecil di tengah laut juga menghadirkan panorama yang keren.
Pantai Segara Anakan terletak di Dusun Sumutirto, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacita, atau lebih tepatnya di Jalur Lintas Selatan (JLS). Tenang saja, untuk menikmati keindahannya pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis lho!!

Bagikan