Kuliner Ngawi – Jawa Timur dikenal sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki sejuta kuliner yang mampu menggugah selera. Hampir semua daerah di Jawa Timur pasti memiliki kuliner khasnya.

Khususnya Kota Ngawi, Kota ini merupakan kota yang berada di Jawa Timur. Ngawi memiliki banyak makanan khas yang membuat kamu ketagihan.

Tidak berlama-lama lagi, tfanews.com sudah merangkum beberapa Wisata Kuliner di Ngawi yang Populer dan Lezat.

1. Pecel Lethok Ngawi

Pecel Lethok Ngawi
Pecel Lethok Ngawi

Jangan dilihat dari nama makanannya dulu, Walaupun namanya sedikir aneh Tapi sebenarnya makanan ini sangat enak. Lethok juga mempunyai nama lain yaitu sambal tumpang.

Makanan ini terbuat dari tempe semangit yang dicampur dengan bumbu-bumbu dapur yang sangat nikmat jika disantap.

Tempe semangit sendiri adalah tempe yang sudah dibiarkan busuk terlebih dahulu sebelum dibuat Lothek.

Makanan ini biasa dihidangkan pedas sehingga cocok untuk teman yang suka yang pedas-pedas.

2. Tepo Tahu

Tepo Tahu Ngawi
Tepo Tahu Ngawi

Makanan khas Ngawi yang satu ini memiliki keunikan tersendiri yaitu terletak pada penggunaan tepo dan tahu telur pada bahan dasar.

Tepo merupakan makanan yang terlihat sama seperti lontong, hanya saja bentuknya beda dan teksturnya lebih lembut.

Sedangkan tahu telurnya terbuat dari tahu yang dicampur dengan telur dan digoreng. Makanan ini sudah lama dan menjadi turun-temurun di Ngawi.

Makanan ini sebenarnya adalah nasi lontong jika di daerah lain. Tepo Tahu mudah ditemukan di daerah Ngawi disekitar jalan raya Ngawi.

3. Tongseng Kambing Pedas

Tongseng Kambing Pedas
Tongseng Kambing Pedas

Makanan Tongseng Kambing ini bisa dengan mudah ditemukan di Ngawi. Biasanya Tongseng dijual diwarung-warung yang juga menjual sate dan gule.

Tongseng Kambing terbuat dari daging pilihan yang dicampur dengan santan dan bahan lainnya. Jika kalian mampir di Ngawi, maka wajib mencoba sajian Tongseng khas Ngawi satu ini.

Makanan ini Cocok buat kamu yang sedang mengalami darah rendah

4. Ledre Ngawi

ledre ngawi
ledre ngawi

Tidak hanya di Ngawi, Ledre juga bisa kalian temui di Bojonegoro. Makanan ini muncul sudah begitu lama, Walaupun ditemukan dibeberapa tempat yang berbeda.

tetapi Ledre dari Ngawi ataupun Bojonegoro mempunyai ciri khas sendiri dari tampilan dan rasanya.

Bedanya dii Ngawi makanan ini sebagai makanan khasnya. Makanan ini muncul begitu lama. Masing-masing Ngawi dan Bojonegoro mempunyai ciri khas sendiri dari tampilan dan rasanya juga karena sekarang Ledre sudah mempunyai banyak variasi dalam pembuatannya.

5. Wedang Cemue Khas Ngawi

Wedang Cemue Khas Ngawi
Wedang Cemue Khas Ngawi

Yang terakhir membahas tentang minuman khas yang berada di Kota Ngawi ini. Salah satu minuman khas Ngawi yaitu wedang cemue.

Mimuman ini mirip dengan wedang ronde. Minuman ini dapat menghangatkan badan sehingga sangat nikmat jika sedang hujan atau dingin. Minuman ini terbuat dari jahe dan susu sehingga dapat mengahangatkan badan.

Minumam ini cocok disantap saat musim dingin.

Bagikan