Siberia yang berarti “tanah tidur,” merupakan wilayah luas yang termasuk dalam negara Rusia, membentang dari Pegunungan Ural ke Samudra Pasifik. Wilayah barat daya Siberia terentang hingga ke Mongolia dan China hingga menyentuh perbatasan bagian utara Kazakhstan. Ternyata Siberia ini memiliki beberapa fakta mencengangkan yang belum banyak orang mengetahuinya. Berikut lima fakta tersebut:

Angka kepadatan penduduknya hanya 3 jiwa/km persegi

Penduduk Siberia
Penduduk Siberia

Dengan wilayah yang sebegitu luas, jika dihitung secara rata-rata angka kepadatan penduduk Siberia hanya 3 jiwa/kilometer persegi. Sebagian besar wilayah Siberia berupa hutan, padang pasir, dan pegunungan bersalju. Sehingga penduduknya terpusat pada beberapa kota saja, Novosibirsk yang paling padat dengan penghuni hampir 1,5 juta jiwa.

Memiliki kota terdingin di dunia

Oymyakon
Oymyakon

Ada yang bilang Siberia merupakan wilayah dengan musim dingin abadi. Makanya banyak orang takut berkunjung karena kabar cuaca ekstrem. Padahal gak semua wilayah Siberia memiliki suhu dingin yang ekstrem.Hanya kota Oymyakon yang dijuluki sebagai kota terdingin di dunia, suhu paling ekstremnya mencapai -71 derajat celsius pada musim dingin Januari 1926. Beberapa wilayah Siberia tetap memiliki suhu normal sesuai musim.

Menyimpan sejarah ledakan misterius yang terjadi pada tahun 1908

Tunguska
Tunguska

Januari 1908, ledakan besar terjadi di sekitar wilayah sungai Tunguska. Api dan asapnya membumbung tinggi ke langit, dengan hawa panas yang bisa dirasakan sampai radius 60 kilometer. Sampai sekarang ledakan tersebut masih menjadi misteri. Melalap hampir 2.000 kilometer persegi hutan taiga, Tragedi Tunguska disebut-sebut berkekuatan 185 kali lebih kuat dari bom atom Hiroshima-Nagasaki lho! Ngeri banget kan?

Memiliki danau terdalam di muka bumi

Strogagina
Danau Baikal

Dengan kedalaman 1.642 m atau 5.387 kaki menjadikan Danau Baikal menjadi danau air tawar terdalam di Bumi dan termasuk danau terbersih di dunia, sekaligus yang paling tua.

Strogagina kuliner khas dari Siberia

Strogagina
Strogagina

Merupakan salah satu hidangan khas Siberia yang berasal dari ikan salmon mentah dibuat secara beku dengan tambahan garam dan lada hitam. Makanan ini juga sering kali dsajikan dengan vodka khas Rusia.

Bagikan